STUDI DESKRIPTIF SELF EFFICACY BIDANG AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 14 BEKASI

  • Jurnal:Vol 1, No 1 (Maret) : Jurnal Psikologi Ubhara
  • Penulis:Lina Erliana, Dian Kusumawati, Iin Widyastuty
  • ISSN:ISSN 2088 - 7655

ABSTRAKSI

Siswa yang memiliki keyakinan terhadap kemampuannya dapat menghadapi segala peraturan dan perubahan kebijakan, sedangkan siswa yang kurang yakin terhadap kemampuannya akan cenderung kesulitan dalam menghadapi segala perubahan yang ada disekolah. Dalam psikologi hal itu dikenal dengan istilah “Self Efficacy”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara umum self efficacy bidang akademik pada siswa kelas XI di SMAN 14 Bekasi. Penelitian ini dilakukan pada 175 siswa kelas XI di SMAN 14 Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif non-eksperimen yaitu jenis studi deskriptif. Dari hasil analisis, terdapat 30 item valid dari 36 item yang terdapat dalam kuesioner, dengan nilai reliabilitas sebesar 0,908 dan nilai koefisien korelasi lebih besar 0,30 dengan rumus Spearman. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa gambaran secara umum self efficacy bidang akademik pada siswa kelas XI di SMAN 14 Bekasi, yaitu berada pada level sedang.

Kata Kunci : Studi Deskriptif, Self Efficacy, Bidang Akademik